Thursday, September 7, 2017

Hilang bagaikan Unta yang lepas



Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam telah memberikan tips dalam menghafalkan Al Qur’an agar cepat hafal dan tidak mudah hilang dari ingatan.

Dicatat oleh Ibnu Nashr dalam Qiyamul Lail (73),
حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى ، أَخْبَرَنِي أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ ، عَنْ نَافِعٍ ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : ” إِذَا قَامَ صَاحِبُ الْقُرْآنِ فَقَرَأَهُ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ ذَكَرَهُ وَإِنْ لَمْ يَقُمْ بِهِ نَسِيَهُ “
“Yunus bin Abdil A’la menuturkan kepadaku, Anas bin ‘Iyadh mengabarkan kepadaku, dari Musa bin ‘Uqbah, dari Nafi’ dari Ibnu Umar radhiallahu’anhu, dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam, beliau bersabda:
Jika seseorang shahibul Qur’an membaca Al Qur’an di malam hari dan di siang hari ia akan mengingatnya. Jika ia tidak melakukan demikian, ia pasti akan melupakannya‘”
hadits ini dicatat juga imam Muslim dalam Shahih-nya (789), oleh Abu ‘Awwanah dalam Mustakhraj-nya (3052) dan Ibnu Mandah dalam Fawaid-nya (54)

Derajat hadits

Hadits ini shahih tanpa keraguan, semua perawinya tsiqah. Semuanya perawi Bukhari-Muslim kecuali Yunus bin bin Abdil A’la, namun ia adalah perawi Muslim.

Faidah hadits

  1. Hafalan Al Qur’an perlu untuk dijaga secara konsisten setiap harinya. Karena jika tidak demikian akan, hilang dan terlupa. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam,
    إنما مَثَلُ صاحبِ القرآنِ كمثلِ الإبلِ المعَقَّلَةِ . إن عاهد عليها أمسكَها . وإن أطلقها ذهبَت
    Permisalan Shahibul Qur’an itu seperti unta yang diikat. Jika ia diikat, maka ia akan menetap. Namun jika ikatannya dilepaskan, maka ia akan pergi” (HR. Muslim 789)
    Imam Al ‘Iraqi menjelaskan: “Nabi mengibaratkan bahwa mempelajari Al Qur’an itu secara terus-menerus dan membacanya terus-menerus dengan ikatan yang mencegah unta kabur. Maka selama Al Qur’an masih diterus dilakukan, maka hafalannya akan terus ada”.
    Beliau juga mengatakan: “dalam hadits ini ada dorongan untuk mengikat Al Qur’an dengan terus membacanya dan mempelajarinya serta ancaman dari melalaikannya hingga lupa serta dari lalai dengan tidak membacanya” (Tharhu At Tatsrib, 3/101-102)
  2. Kalimat فَقَرَأَهُ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ ذَكَرَهُ (membaca Al Qur’an di malam hari dan mengingatnya di siang hari) menunjukkan bahwa membaca Qur’an dan muraja’ah (mengulang) hafalan Al Qur’an hendaknya dilakukan setiap hari
  3. Anjuran untuk terus mempelajari, membaca dan muraja’ah (mengulang) hafalan Al Qur’an secara konsisten, setiap hari, di seluruh waktu. Al Qurthubi menyatakan: “hal pertama yang mesti dilakukan oleh shahibul qur’an adalah mengikhlaskan niatnya dalam mempelajari Al Qur’an, yaitu hanya karena Allah ‘Azza wa Jalla semata, sebagaimana telah kami sebutkan. Dan hendaknya ia mencurahkan jiwanya untuk mempelajari Al Qur’an baik malam maupun siang hari, dalam shalat maupun di luar shalat, agar ia tidak lupa” (Tafsir Al Qurthubi, 1/20).
  4. Anjuran untuk lebih bersemangat membaca Al Qur’an di malam hari. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:
    إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا
    Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan (Qur’an) di waktu itu lebih kuat masuk hati” (QS. Al Muzammil)
  5. Anjuran untuk muraja’ah (mengulang) hafalan Al Qur’an di siang hari dan malam hari
  6. Hadits di atas tidak membatasi membaca Qur’an dan muraja’ah (mengulang) hafalan Al Qur’an hanya malam dan siang saja, namun sekedar irsyad (bimbingan) dari Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam agar senantiasa melakukannya. Hadits riwayat Muslim di atas menunjukkan bahwa semakin sering membaca dan muraja’ah itu semakin baik dan semakin mengikat hafalan Al Qur’an. Dan pemilihan waktunya disesuaikan apa yang mudah bagi masing-masing orang. Syaikh Shalih Al Maghamisi, seorang pakar ilmu Al Qur’an, ketika ditanya tentang hal ini beliau menjawab: “waktu menghafal yang utama itu tergantung keadaan masing-masing orang yang hendak menghafal. Adapun berdasarkan tajribat (pengalaman), waktu yang paling baik adalah setelah shalat shubuh” (Sumber: youtube)
  7. Hadits ini dalil bahwa shahibul qur’an, dengan segala keutamaannya, yang dimaksud adalah orang yang menghafalkan Al Qur’an, bukan sekedar membacanya. Al Imam Al Iraqi mengatakan: “yang zhahir, yang dimaksud shahibul qur’an adalah orang yang menghafalkannya” (Tharhu At Tatsrib, 3/101). Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani menyatakan, “ketahuilah, makna dari shahibul Qur’an adalah orang yang menghafalkannya di hati. berdasarkan sabda nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
    يؤم القوم أقرؤهم لكتاب الله
    “hendaknya yang mengimami sebuah kaum adalah yang paling aqra’ terhadap kitabullah”
    maksudnya yang paling hafal. Maka derajat surga yang didapatkan seseorang itu tergantung pada banyak hafalan Al Qur’annya di dunia, bukan pada banyak bacaannya, sebagaimana disangka oleh sebagian orang. Maka di sini kita ketahui keutamaan yang besar bagi pada penghafal Al Qur’an. Namun dengan syarat ia menghafalkan Al Qur’an untuk mengharap wajah Allah tabaaraka wa ta’ala, bukan untuk tujuan dunia atau harta” (Silsilah Ash Shahihah, 5/281).
Penulis: Yulian Purnama
Artikel Muslimah.Or.Id



Naaaaahhhh......... mama Nana nih yaaaa.... hafalannya pada kabuurrr
yang baru bisa inget.....ehhh yang lama lupa.... seperti hardisc kapasitasnya terbatas klo mau diisi yang baru maka yang lama harus didelete....paraaaahhh mama Nana niihh
sebaris ajaaaaa berhari-hari hafalnyaaaa eeehhh mudah lupa pulaaa, beegitu juga klo satu ayat yang terdiri dari berbaris-baris.... udah pesimis aja duluan bawaannya....
hadeeuuhh... kacccauuuu

Bismillah lagi aja deehhh.... do'a nya ditambah biar nempellll hafalannya :)
Yaa Allah... bantulah hambamu yang super lemot dan pesimis iniii...
Aamiin.





Sunday, August 6, 2017

Lagu minang-nya Ipank

Nah ini cerita pada suatu hari dikantor, mama Nana lagi bosan ga ada yang ngirim barang.  mama ngubek-ngubek youtube.....eh salah satunya ada lagu ini muncul... penasaran kata judul tulisannya sih populer... mama Nana coba dengerin...eh enak jugaaa... seperti balada slow rock-nya Malaysia.
nih... coba dengerin... siapa tau suka...




Terjemahan Lirik Lagu Minang Ipank Feat Rayola - Rantau Den Pajauh
Karena harta maka saya jauh
Biar terasa tawang saya tempuh
Hujan panas yang saya hadang
Seperti itu nasib si anak dagang

Uda sayang tolong dengarkan
Sudah suratan ditanggung badan
Matahari yang saya hadang
Kehendak orang tua tidak mungkin saya lawan

Berbiduk maka berdayung
Biar jelas dengan tepian
Saya duduk bawa bermenung
Biar jelas dengan penderitaan

Usah uda jadikan baban
Sudah jodoh dan suratan
Air mata sungguh saya tahan
Kasih ke uda tidak akan mungkin hilang

Jauh, jauh rantau saya perjauh
Kunjungi, kunjungi indak akan saya kunjungi

Lagu diangkot

Sore kemarin, mama Nana pulang naek angkot. keluar kantor langitnya sudah mendung pekat banget. Ngga lama angkotnya muncul, langsung naik dipojokan belakang. lalu hujanpun turun. Untung sudah didalam angkot jadi ga kebasahan. penumpangnya ga terlalu penuh sih tapi di blok 4 penumpangnya sebagian besar pada turun karena memang disana tempat angkot ngetem lagipula itu tempat persimpangan dengan angkot-angkot jurusan lain yang ke bandung. Angkotnya ngetem nunggu penumpang dulu. Sambil memperhatikan hujan turun.... tik..tik...tik...dikaca belakang angkot, mama Nana juga memperhatikan mobil-mobil dan motor yang pada berhenti di lampu merah perempatan itu. ada juga pejalan kaki yang bawa payung atau hujan-hujanan. Sambil mendengarkan alunan lagu lama pilihan pak supir, lagunya slow yang nyanyi yuni shara. ga lama angkotnya mulai penuh, walaupun belum penuh banget tapi karena sudah ada angkot rit yang belakangnya muncul jadi angkot mama berangkat. jalan angkotnya pelan karena sembari nyari penumpang. Lagunya masih mengiringi perjalanan diangkot, lagunya enak juga sih untuk didenger sore-sore dan saat hujan. lama-lama kok ada yang aneh...... apa yaaaaaa..... oohh ternyata sejak tadi lagu tersebut diulang-ulang terus.... hahaha.....ternyata..... tracknya cuma satu..... atuuuuuh.. jadiiiii.....bahkan setelah ganti angkot dengan angkot yang lain, mama masih seperti terdoktrin yang diingat otak mama yaaa lagu itu lagiii... hahaha... apalagi diangkot selanjutnya ga ada musiknya... jadi sampe rumah juga masih terngiang-ngiang lagu itu...
Naaahhh... ini lagunya.... dengerin yaaaaa.....

Thursday, March 9, 2017

Monday, February 20, 2017

Ini Lagu yang Kekinian

Surat Cinta untuk Starla
"KAU BUAT AKU
KEMBALI PERCAYA AKAN KATA CINTA
DAN BENAR BAHWA
CINTA MASIH BERKUASA DIATAS SEGALANYA"
Beuugghhhhhh..... meleleh broohh...



Virgoun - Surat Cinta Untuk Starla

Intro : F G C Am F G C C7
        F G C Am F G C..

C                 F
Ku tuliskan kenangan tentang
        G            C
Caraku menemukan dirimu
 Am                   Dm
tentang apa yang membuatku mudah
     G              C
Berikan hatiku padamu...

 C               F
Takkan habis sejuta lagu
          G              C
Untuk menceritakan cantikmu
 Am                 Dm
Kan teramat panjang puisi
       G               C
Tuk menyuratkan cinta ini..

Reff:
                 F         G
  Telah habis sudah cinta ini
                C     G      A
  Tak lagi tersisa untuk dunia
                     Dm
  Karena telah ku habiskan
           G              C  F C F
  Sisa cintaku hanya untukmu..

C                F
Aku pernah berfikir tentang
         G             C
Hidupku tanpa ada dirimu
 Am               Dm
Dapatkah lebih indah dari
         G              C
Yang ku jalani sampai kini..

C               F
Aku slalu bermimpi tentang
        G             C
Indah hari tua bersamamu
 Am                  Dm
Tetap cantik rambut panjangmu
          G                C
Meskipun nanti tak hitam lagi..

Reff II:
                F         G
  Bila habis sudah waktu ini
                 C    G      A
  Tak lagi berpijak pada dunia
              Dm
  Telah aku habiskan
          G               C
  Sisa hidupku hanya untukmu..

                    F         G
  Dan tlah habis sudah cinta ini
                C     G      A
  Tak lagi tersisa untuk dunia
                     Dm
  Karena telah ku habiskan
          G               F
  Sisa cintaku hanya untukmu..
       C
  Untukmu...
            Dm     G  A
  Hidup dan matiku..

     D         G
Bila musim berganti
A                D-A-
Sampai waktu terhenti
Bm               Em
 Walau dunia membenci
A               D
Ku kan tetap disini..

Reff III:
                G          A
  Bila habis sudah waktu ini
                 D    A      B
  Tak lagi berpijak pada dunia
               Em
  Telah aku habiskan
          A                D
  Sisa hidupku hanya untukmu..

                    G         A
  Dan tlah habis sudah cinta ini
                D     A      B
  Tak lagi tersisa untuk dunia
                    Em
  Karena telah ku habiskan
           A              D
  Sisa cintaku hanya untukmu..

  B                   Em
  ..Karena telah ku habiskan
           A              G
  Sisa cintaku hanya untukmu..

Outro : G A D Bm G A D

   --------------
===ORIGINAL CHORD===
   --------------

Intro : E F# B G#m E F# B B7
        E F# B G#m E F# B..

B                E
Ku tuliskan kenangan tentang
        F#           B
Caraku menemukan dirimu
G#m                   C#m
tentang apa yang membuatku mudah
    F#             B
Berikan hatiku padamu...

 B               E
Takkan habis sejuta lagu
         F#              B
Untuk menceritakan cantikmu
 G#m                 C#m
Kan teramat panjang puisi
       F#              B
Tuk menyuratkan cinta ini..

Reff:
                 E         F#
  Telah habis sudah cinta ini
                B    F#     G#
  Tak lagi tersisa untuk dunia
                    C#m
  Karena telah ku habiskan
          F#              B  E B E
  Sisa cintaku hanya untukmu..

B                E
Aku pernah berfikir tentang
         F#           B
Hidupku tanpa ada dirimu
G#m               C#m
Dapatkah lebih indah dari
         F#             B
Yang ku jalani sampai kini

B               E
Aku slalu bermimpi tentang
        F#             B
Indah hari tua bersamamu
G#m                  C#m
Tetap cantik rambut panjangmu
          F#               B
Meskipun nanti tak hitam lagi

Reff II:
                E         F#
  Bila habis sudah waktu ini
                 B    F#    G#
  Tak lagi berpijak pada dunia
               C#m
  Telah aku habiskan
         F#               B
  Sisa hidupku hanya untukmu..

                    E         F#
  Dan tlah habis sudah cinta ini
                B    F#     G#
  Tak lagi tersisa untuk dunia
                    C#m
  Karena telah ku habiskan
          F#              E
  Sisa cintaku hanya untukmu..
       B
  Untukmu
            C#m    F# G#
  Hidup dan matiku

     C#       F#
Bila musim berganti
G#              C#-G#-
Sampai waktu terhenti
A#m             D#m
 Walau dunia membenci
G#             C#
Ku kan tetap disini..

Reff III:
                F#        G#
  Bila habis sudah waktu ini
                C#   G#   A#
  Tak lagi berpijak pada dunia
              D#m
  Kelak aku habiskan
         G#               C#
  Sisa hidupku hanya untukmu..

                    F#        G#
  Dan tlah habis sudah cinta ini
                C#    G#     A#
  Tak lagi tersisa untuk dunia
                   D#m
  Karena telah ku habiskan
           G#             C#
  Sisa cintaku hanya untukmu..

  A#                   D#m
  ..Karena telah ku habiskan
           G#             F#
  Sisa cintaku hanya untukmu.. 


Ini short movie-nya terinspirasi dari lagu diatas ;
















Tuesday, February 14, 2017

Jangan Khawatir dengan Rizki Esok Hari

Jangan Khawatir dengan Rizki Esok Hari

Jika anda hari ini merasa aman/tenteram, tubuh anda sehat wal ‘afiyat, serta
makanan hari ini telah tersedia, maka apakah lagi yang anda cari…?

Itulah puncak kebahagiaan yang banyak hilang dan dikejar banyak orang…bahkan
orang-orang kaya…bahkan orang-orang yang tenar…!!,

 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ آمِنًا فِي سِرْبِهِ مُعَافًى فِي جَسَدِهِ عِنْدَهُ قُوْتُ يَوْمِهِ ، فَكَأَنَّمَا حِيْزَتْ لَهُ الدُّنْيَا بِحَذَافِيْرِهَا

“Barang siapa diantara kalian yang tatkala di pagi hari merasa aman/tenang,
tubuhnya sehat, dan ia sudah memiliki makanan untuk hari tersebut maka seakan-
akan dunia seluruhnya telah dikumpulkan untuknya” (HR Al-Bukhari di Al-Adab Al-
Mufrod, dan At-Thirmidzi, dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam As-Shahihah no
2318).

Isilah hari tersebut dengan bersyukur dan banyak beribadah kepada Allah, jangan
terlampau khawatir dengan esok hari…!!!

Al-Imam As-Syafi’i rahimahullah berkata:

إِذَا أَصْبَحْتُ عِنْدِي قُوْتُ يَوْمٍ … فَخَلِّ الْهَمَّ عَنِّي يَا سَعِيْدُ

“Jika dipagi hari dan aku telah memiliki makanan untuk hari ini…
Maka hilangkanlah kegelisahan dariku wahai yang berbahagia”

وَلاَ تَخْطُرْ هُمُوْمُ غَدٍ بِبَالِي … فَإِنَّ غَدًا لَهُ رِزْقٌ جَدِيْدُ

“Dan tidaklah keresahan esok hari terbetik di benakku….
Karena sesungguhnya esok hari ada rizki baru yang lain”

أُسَلِّمُ إِنْ أَرَادَ اللهُ أَمْراً … فَأَتْرُكُ مَا أُرِيْدُ لِمَا يُرِيْدُ

“Aku pasrah jika Allah menghendaki suatu perkara…
Maka aku biarkan kehendakku menuju kehendakNya”

Seorang yang beriman dan beramal sholeh serta berusaha pada hari ini…maka tidak
usah khawatir dengan esok hari…pasrahkan urusan kepada kehendak Allah..

Yang gelisah hanyalah orang yang bermaksiat kepada Allah…khawatir akan adzab dan
hukuman Allah yang datang sewaktu-waktu.

 Sungguh aneh seseorang yang tatkala masih menjadi janin dalam perut ibunya ia
telah diberi rizki oleh Allah…tatkala ia masih kecil dan tidak bisa berbuat apa-
apa ia tetap di beri rizki oleh Allah…lantas setelah ia dewasa dan mampu berusaha
dan bekerja tiba-tiba ia takut dan khawatir ia tidak akan memperoleh rizki dari
Allah ???

 Ustadz Firanda Andirja, MA

 Facebook Page :
Fb.com/TausiyahBimbinganIslam
 Telegram Channel :
Telegram.me/TausiyahBimbinganIslam